Serapan Fosfor dan Pertumbuhan Kedelai(Glycine max) pada Tanah Ultisol dengan Pemberian Asam Humat

Wahyuningsih Wahyuningsih (1) , Elly Proklamasiningsih (2) , Murni Dwiati (3)


(1) Unsoed
(2) Fakultas Biologi Unsoed
(3) Fakultas Biologi Unsoed


Abstrak


Ultisol merupakan salah satu jenis tanah asam yang memiliki kelarutan Al, Fe, dan Mn tinggi, serta kandungan P dan Moyang rendah. KelarutanAl dan Fe yangtinggiakan menjerap fosfat, sehingga ketersediaan dan serapan P bagi tanaman menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi ketidaktersediaan P pada tanah Ultisol yaitu dengan penambahan asam humat. Asam humat merupakan makromolekul polielektrolit yang memiliki gugus fungsional seperti -COOH, -OH fenolat, maupun -OH alkoholat,sehingga asam humat memiliki kemampuan untuk membentuk kompleks dengan ion logam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh asam humat terhadap serapan P dan pertumbuhan tanaman kedelai (2) menentukan konsentrasi asam humat yang paling baikdalam meningkatkan serapan P dan pertumbuhan tanaman kedelai. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Pengelompokan didasarkan atas perbedaan intensitas cahaya yang ada di rumah kaca. Perlakuan berupa konsentrasi asam humat, dengan 5 konsentrasi yang berbeda yaitu 0 ppm, 400 ppm, 800 ppm, 1200 ppm dan 1600 ppm. Parameter yang diukur meliputi tinggi tanaman, luas daun, bobot basah, dan bobot kering, P tersedia serta P tanaman. Data yang diperoleh dianalisis menggunakananalisis ragam pada tingkat kepercayaan 95% dan 99%. Apabila hasil perlakuan berpengaruh nyata, maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam humat berpengaruh terhadap serapan P dan pertumbuhan kedelai pada tanah Ultisol. Asam humat 1200 ppm merupakan perlakuan paling baik dalam meningkatkan ketersediaan P, sehingga mampu meningkatkanpertumbuhan kedelai pada tanah Ultisol.


Kata Kunci


Ultisol, Asam humat, pertumbuhan tanaman, Glycine max.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balai Penelitian Tanah. 2005. Petunjuk Teknis Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air, dan Pupuk. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Bogor: Agro Inovasi.

Barchia, M.F., 2009. Agroekosistem Tanah Mineral Masam. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hakim, N., Nyakpa, M.Y.,Lubis, A.M., Nugroho, S.G.,Saul, M.R., Diha, A.,Bailey,H.H., 1989. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Lampung: Universitas Lampung. 488 hal.

Hardjowigeno, S., 2003. Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Presindo.

Herviyanti., Ahmad, F., Sofyani, R., Darmawan., Gusnidar. & Saidi, A., 2012.Pengaruh Pemberian Bahan Humat dari Ekstrak Batubara Muda (Subbituminus) dan Pupuk P Terhadap Sifat Kimia Ultisol serta Produksi Tanaman Jagung (Zea Mays L.). J. Solum,11(1), pp.15-24.

Minardi, S., 2006. Peran Asam Humat dan Fulvat dari Bahan Organik dalam Pelepasan P Terjerap pada Andisol. Ringkasan Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang.

Najiyati, S., & Danarti. 1999. Palawija, Budidaya, dan Analisis Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya

Prasetyo, B.H.,& Suriadikarta, D.A., 2006. Karakteristik, Potensi, dan Teknologi Pengelolaan Tanah Ultisol untuk Pengembangan Pertanian Lahan Kering di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian, 25(2), pp. 39-46.

Sitompul, S.M. & Guritno, B., 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutejo, M.M., 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta: Reneka Cipta. 177 hal.

Yuliandri., Jamilah., & Ediwirman., 2014. Efisiensi Pemupukan dengan Asam Humat Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) pada Ultisol di Main Nursery.Laporan Penelitian. Padang: Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa.


Article Reads

Total: 3042 Abstrak: 837 PDF: 2205

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This website is maintained by: 
Bio Publisher 
The Faculty of Biology Publishing

Laman ini dikelola oleh:
Penerbitan Fakultas Biologi
Universitas Jenderal Soedirman
Jalan dr. Suparno 63 Grendeng
Purwokerto 53122

Telepon: +62-281-625865
Email: biologi@unsoed.ac.id

Laman ini menggunakan: 
OJS | Open Journal System
Software pengelolaan jurnal ilmiah online. Versi yang digunakan adalah 2.4.8.0.

Metadata artikel terdaftar di:
Crossref
Agen resmi internasional pendaftaran Digital Object Identifier (DOI)

Artikel jurnal ini terindeks:

Daftar indeks »