Scripta Biologica

Scripta Biologica adalah berkala ilmiah online dengan akses terbuka diterbitkan oleh Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, memuat artikel hasil penelitian dalam bidang biologi umum yang meliputi biologi molekuler, biologi sel, dan genetika; struktur, fisiologi dan reproduksi; ekologi dan konservasi; biodiversitas, evolusi, taksonomi, dan biogeografi; serta pendidikan biologi.

ISSN Online : 2355-3138

Editor-in-Chief: Romanus Edy Prabowo
Frekwensi Terbitan: 3 Bulanan
Terbitan Terkini: Daftar Isi

Artikel jurnal ini menggunakan pengidentifikasi digital Crossref logo

Fokus dan Ruang Lingkup

Scripta Biologica menerbitkan artikel ilmiah dalam bidang biologi umum yang meliputi:
 
1. biologi molekuler, biologi sel, dan genetika;
2. struktur, fisiologi dan reproduksi;
3. ekologi dan konservasi;
4. biodiversitas, evolusi, taksonomi, dan biogeografi; serta
5. pendidikan biologi.

Editor Utama

Dr. Romanus Edy Prabowo

Scopus Author ID 8708019400
h-index: 4
Google Scholar Profile
h-index: 5 ▹ i10-index: 4
Sinta Author ID 6491
▹ Score: 6

Editor Bagian

Dr. Ardhini Rin Maharning

Scopus Author ID 7801326212
h-index: 3

Dr. Imam Widhiono

Google Scholar Profile
h-index: 3 ▹ i10-index: 1

Dr. Nurtjahjo Dwi Sasongko

Scopus Author ID 11141734100
h-index: 2

Dini Ryandini

Pemeriksa Aksara

Dian Palupi
Eko Setio Wibowo
Endah Sri Palupi
I Gusti Agung Ayu Ratna Puspita Sari
Netty Nettyani Naipospos
Meyta Pratiwi

Pengiriman Naskah Online

Penulis memerlukan akun berupa nama pengguna dan kata sandi untuk login ke Scripta Biologica. Login dibutuhkan untuk mengirimkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status pengiriman naskah.
 
Bila penulis sudah memiliki akun silahkan login di halaman Login. Bila penulis belum memiliki akun silahkan mendaftar untuk mendapatkan nama pengguna dan kata sandi serta memasukan informasi terkait lainnya pada halaman Registrasi.

Petunjuk Penulisan

Scripta Biologica menerima naskah artikel ilmiah hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah ditulis dalam format Microssoft Office Words (.doc, .docx) dengan ketentuan tipe font Time New Roman ukuran 12 poin, kerapatan baris satu spasi rata kanan dan kiri (justified), batas tepi atas 2.5 cm, batas tepi kanan, kiri, dan bawah masing-masing 2 cm pada kertas ukuran A4. Panjang naskah tidak terbatas namun disarankan untuk tidak lebih dari 10 halaman teks, tidak termasuk tabel, gambar, dan lampiran lain yang disisipkan pada bagian akhir naskah. Tabel diusahakan disisipkan dalam bentuk gambar. Seluruh gambar dan foto dibuat dalam format jpg atau jpeg kerapatan 300 dpi, dengan dimensi lebar minimal 800 px, serta dimensi panjang dan lebar (aspect-ratio) yang tidak diubah.

Naskah artikel ilmiah tersusun atas:

  1. Judul: Menggambarkan isi naskah secara jelas dan singkat (maksimal 20 kata).
  2. Nama Penulis: Ditulis nama lengkap tanpa gelar dan alamat lembaga/instansi afiliasi serta indikasikan satu penulis dengan e-mail korespondensi.
  3. Abstract: Ditulis dalam bahasa Inggris, berisi sari tulisan yang memuat tujuan dan hasil penelitian serta, jika ada, kesimpulan dan implikasinya. Di bawah abstract ditulis 5 kata kunci (key words).
  4. Pendahuluan: Memuat latar belakang, dapat juga disertakan ulasan singkat penelitian terdahulu yang berkaitan langsung dan penemuan yang diharapkan akan diperoleh. Pendahuluan sedapat mungkin memberi gambaran tentang pentingnya penelitian dan merupakan bagian pengenalan bagi pembaca yang tidak menguasai permasalahan.
  5. Materi dan Metode: Materi dijelaskan secara rinci misalnya dari mana asalnya, bagaimana cara memperolehnya dan sebagainya. Alat-alat yang digunakan ditulis hanya yang spesifik dan menentukan hasil penelitian, sedangkan peralatan yang umum tidak perlu dituliskan. Prosedur penelitian diuraikan secara runtut dan jelas. Rancangan pendekatan dan metode analisisnya harus dijelaskan.
  6. Hasil dan Pembahasan: Berisi deskripsi hasil penelitian yang diuraikan secara jelas dan tepat. Tabel dan gambar diberi nomor urut sesuai dengan urutannya dalam teks, gambar dapat disisipkan dengan format multiwarna. Pembahasan merupakan penjelasan dan interpretasi hasil penelitian. Perlu juga dijelaskan tentang keunggulan dan kekurangannya, kendala-kendala yang mucul dalam penelitian dan sebagainya serta kemungkinan solusinya.
  7. Kesimpulan: Berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan yang ditulis secara ringkas dan tanpa penjelasan lebih lanjut.
  8. Ucapan Terima Kasih: Jika dianggap perlu dapat dituliskan di bagian akhir naskah, ditulis sebelum Daftar Pustaka.
  9. Daftar Pustaka: Hanya memuat referensi yang diacu dalam teks dan ditulis berurutan secara alfabetik mengacu format penulisan bibliografi CSE (Council of Science Editors) sub-styles Nama-Tahun.

    Acuan lengkap format CSE bisa dilihat pada tautan berikut:
    ▹ http://www.scientificstyleandformat.org/Tools/SSF-Citation-Quick-Guide.html [ Kunjungi ]
    Add-on untuk Microsoft Office Word dapat diunduh pada tautan beriku:
    ▹ https://bibword.codeplex.com/ [ Kunjungi ]
    Panduan penulisan daftar pustaka dengan format CSE Nama-Tahun dapat dilihat pada tautan berikut:
    ▹ http://journal.bio.unsoed.ac.id/index.php/scribio/about/submissions#contoh-cse [ Contoh]

Daftar Periksa Pengiriman Naskah

Penulis yang ingin mengirimkan naskah harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan, kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk diterbitakan pada jurnal lain.
  2. Naskah yang akan dikirimkan tersedia dalam format Microsoft Word (.doc, .docx)
  3. Naskah disusun menggunakan template makalah yang dapat diunduh pada tautan berikut [ Template Makalah ]. Panjang naskah tidak terbatas namun disarankan untuk tidak lebih dari 10 halaman teks, tidak termasuk tabel, gambar, dan lampiran yang disisipkan pada bagian akhir naskah.
  4. Lampiran tabel disisipkan dalam bentuk gambar. Seluruh lampiran gambar dan foto dibuat dalam format jpg atau jpeg resolusi/kerapatan 300 dpi, dengan dimensi lebar minimal 800 px, serta dimensi panjang dan lebar (aspect-ratio) yang tidak diubah.
  5. Bila tersedia, URL untuk tiap referensi disisipkan dalam naskah pada referensi terkait pada bagian daftar pustaka.
  6. Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetik mengacu pada format penulisan bibliografi CSE (Council of Science Editors) sub-styles Nama-Tahun.

.

Alamat Surat Menyurat

Pengelola Jurnal Scripta Biologica
Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman
Jalan dr. Supanro 63 Grendeng
Purwokerto 53122

Kontak Utama

Romanus Edy Prabowo, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman
Jalan dr. Supanro 63 Grendeng
Purwokerto 53122
Fax: +62-281-625865
Email: romanus@unsoed.ac.id

Kontak Dukungan

Romanus Edy Prabowo
Telepon: +62-85227001920
Email: romy.rep@gmail.com